Selasa, 10 Oktober 2017

3 Cara Mengobati Ambeien Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah

Cara Mengobati Ambeien - Ambeien atau wasir sering menjadi penyakit yang diderita banyak masyarakat. Lihat saja dari banyaknya obat ambeien yang dipubikasikan di televisi ataupun media media cetak. Ambeien merupakan suatu penyakit atau gangguan pada anus, di mana bibir anus atau phinchterani mengalami pembengkakan dan kadang-kadang disertai dengan pendarahan ketika mengejan.

Ambeien bisa disebabkan oleh berbagai banyak hal, salah satunya akibat mengejan (ngeden) terlalu keras, terlalu banyak duduk, hingga bisa terjadi karena faktor keturunan. 

3 Cara Mengobati Ambeien Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah 


Salah satu cara untuk mengobati ambeien adalah dengan menggunakan obat dari dokter, atau cara terakhirnya ialah pengangkatan wasir melalui prosedur operasi. 

Namun, adakah obat alami untuk penderita ambeien? Mari simak beberapa penjelasan di bawah ini.

Cuka apel

Menggunakan cuka apel adalah salah satu cara mengobati ambeien yang banyak ditemui. Caranya cukup dengan merendam kapas pada sari cuka apel, lalu oleskan perlahan ke daerah wasir. Ulangi proses ini sampai peradangan menghilang dan rasa sakit mereda. Anda juga bisa mencampurkan air dengan cuka apel saat membilas bagian anus ketika Anda mandi.

Lidah buaya

Lidah buaya merupakan tanaman yang mengandung zat sifat anti inflamasi. Dengan rasa gel yang sejuk, lidah buaya juga dapat menjadi obat ambeien alami yang menenangkan dan melemaskan pembuluh darah meradang sekaligus mengurangi ukuran ambeien tersebut.

Sedangkan kandungan arakuinon pada lidah buaya, mampu mengencangkan dinding saluran pencernaan dan mendorong isi usus keluar lebih lunak. Hal ini membuat lebih kotoran tinja pada usus akan lebih mudah bergerak mencegah penyumbatan yang akan menyebabkan ambeien.

Bawang putih

Bawang putih atau allium sativum, ternyata juga bisa menjadi obat alami ambeien. Bawang putih sangat kaya belerang, antara lain mengandung asam amino, mineral dan enzim seperti allinase, peroksidase dan myrosinase. Tumbuhan ini juga memiliki zat anti inflamasi, antibakteri, zat dan detoksifikasi.

Pada asam amino yang disebut alliin, ketika bawang putih dihancurkan, alliin diubah menjadi allicin oleh enzim, allinase. Allicin jni bertanggung jawab sebagai zat antibakteri yang ampuh  untuk menghilangkan bau. Fungsi bawang putih untuk ambeien juga dapat meningkatkan sirkulasi darah, menghancurkan berbagai bakteri usus, dan melindungi pembuluh darah.

Untuk mengobati ambeien, bawang putih bisa dioleskan langsung ke daerah yang terkena ambeien, atau juga dapat dimakan secara mentah.

Baca Juga:

Related Posts

3 Cara Mengobati Ambeien Yang Bisa Anda Lakukan di Rumah
4/ 5
Oleh